• Tentang
  • Kontak
  • Daftar Isi
  • Privacy Policy

Pengetahuan Dasar Tentang Photography

 on Kamis, 07 Januari 2016  


fotography,foto,camera
Apa itu Fotografi?

Mungkin sobat sering mendengar istilah tersebut. Namun, belum tentu mengerti artinya. Akan tetapi, jika kita memperhatikan dengan seksama, kata fotografi secara etimologis (arti katanya) sudah menunjukkan arti sebenarnya dari fotografi. Kata "Foto" identik dengan gambar dan "Grafi" identik dengan tulisan atau coretan. Jadi, kita dapat mengartikannya sebagai tulisan tentang gambar. 

Bingung???? kita simak penjelasan berikut:

Oke, kita lihat saja dari kamus apa arti fotografi. Fotografi (Photography) berasal dari kata Photo yang berarti cahaya dan Grafo yang berarti menggambar/menulis. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa Photography adalah sebuah teknik menggambar dengan cahaya. Dari arti di atas, dapat kita simpulkan bahwa cahaya memiliki peranan penting dalam pengambilan gambar. Bisa dikatakan "tidak akan pernah ada foto jika tidak ada cahaya".

Foto yang baik adalah foto yang memiliki cahaya yang sesuai dengan keinginan fotographer. Selain itu, foto yang baik dan berkualitas tergantung pada skill fotographernya, camera yang  dipakai, serta hal-hal lainnya yang mempengaruhi keindahan sebuah foto.

Sebelum berbicara jauh tentang fotografi dan kamera. Sebuah pertanyaan untuk kita semua yang ingin belajar fotografi, Sudahkah sobat memiliki kamera?  Jika belum, saran saya, segera membelinya karena kamera adalah alat paling penting di dunia fotografi.

Fotografi, bukan hanya tentang kamera ataupun bagaimana anda menekan tombol shutter di kamera. Ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan dan dipelajari dalam  fotografi.

Untuk fotographer pemula, beberapa hal berikut harus menjadi prioritas utama jika ingin mempelajarai fotografi.

1. Kenali Kamera Anda termasuk settingan kamera dan teknik pengambilan gambar.
2. Menguasai apa itu Eksposur, Segitiga eksposur.
3. Paham tentang lensa.
4. Mengenal sudut pengambilan gambar(angel) beserta tekniknya.


Jika beberapa hal di atas dapat dikuasai, alhasil foto yang diharapkan akan memiliki kualitas yang cukup lumayan. Apalagi ditambah dengan kemampuan sobat sebagai photographer dalam memperkirakan seni dari suatu objek.

Seni adalah intisari dari fotografi. Kegiatan fotografi selain merekam sebuah realita juga memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai seni yang bermutu tinggi.  Sebuah seni yang mengekspresikan emosi dari sang seniman (photographer). Jadi, hasil fotografi yang bernilai adalah jiwa seni dari sang photographernya.(tbc)



Pengetahuan Dasar Tentang Photography 4.5 5 Mr Creator Kamis, 07 Januari 2016 Apa itu Fotografi? Mungkin sobat sering mendengar istilah tersebut. Namun, belum tentu mengerti artinya. Akan tetapi, jika kita mem...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PHOTOGRAPHY UNIK